Sabtu, 10 Januari 2015

Di Awal Tahun

Assalamualaikum cantik cantik hehe.
Hmm tepat satu minggu sudah siswa siswi kembali berbaju seragam dan mengikuti kegiatan sebagaimana biasanya. Lucu deh, disaat waktu libur pada kangen sama sekolahan, eh giliran udah kembali bersekolah ingin libur. Anak sekolahan. Harap dimaklumin saja namanya juga manusia, kadang suka lupa diri ga mensyukuri apa yang sudah didapat. Bahasa gaulnya dikenal dengan ‘khilaf’. Ngomong-ngomong soal anak sekolahan, kira-kira apa sama yaaaaaaa rasanya sama anak kuliahan??!! Hmm.. kabar burung yang beredar di jagat raya cei elah lebay banget yak haha. Jadi anak kuliahan itu ga semudah yang dibayangkan. Kalo ngeliat kisah-kisah fiktif di tv itu kayanya asik, kerjaannya jalan-jalan mulu sih ya. Aslinya wouhhhh yaa gitu deh. Hanya yang sudah ngampus yang ngerti. Saya hanya tau dari cerita-cerita para senior sih.
Jadi inget dengan segala cerita pa Rudy nih, guru yang dikenal super up to date, gaul gitu, dan di tahun 2015 beliau punya hairstyle ariel waktu dulu brayyy! Kebayang gak kece nya guru yang ada di sekolahan saya. Pa Rudy adalah salah satu guru fisika di SMAN 2 Palangka Raya. Dan ditahun terakhir saya di smada, beliau jadi wali kelas kami. Seringkali beliau berbagi kisah menarik bersama kami. Nah, salah satunya masalah kuliah. Baru saja enam hari yang lalu tepatnya hari Senin dimana hari pertama memakai seragam di tahun 2015. Pa Rudy banyak berbagi kisah di awal tahun. Salah satunya mengenai snmptn, sbmptn, dll.
Snmptn, sbmptn , yah 6 huruf yang mengawali kita menjadi calon mahasiswa/i. Awal dari perjuangan yang belum seberapa. Bulan januari begini nih yang pada mulai sibuk berkelana memilih universitas mana yang diinginkan. Saya sendiri sedang mengalamin hal tersebut. Huft begini rasanya diambang kegelisahan untuk masa depan. Ketakutan, kekhawatiran yang dirasakan sampai nanti waktunya tiba. Mana lagi, saya juga punya kakak nih yang sudah berbagi juga tentang perjalanannya di awal memasuki tahun perkuliahan.        
Awalnya dia mikir bego banget dia mau ngulang setahun untuk mendapatkan jurusan kedokteran ditambah lagi dia akan seangkatan dengan angkatan setahun di bawah dia. Tapi berkat tekanan-tekanan yang dia jadikan motivasi yang dia sebutkan sebelumnya dia yakin bisa meraih jurusan apa yang dia mau di PTN. Dia juga berpikir, banyak orang di luar sana yang gagal model-model kaya dia bisa lebih sukses dari temannya yang mendahuluinya seperti contoh Bill Gates. Di DO (Drop Out) dari universitasnya karena mengembangkan suatu proyek yang menurut Bill Gates akan berkembang pesat di dunia jika ia kembangkan. Lalu dengan proses yang tidak begitu mudah dan panjang, akhirnya ia menemukan suatu software yang bernama Microsoft yang berkembang luas dan pesat di dunia hingga sekarang. Setelah menemukan software tersebut, sudah pasti ia sukses melebihi dari teman-temannya saat di universitas yang ia tempati dulu sebelum di-DO karena ia adalah seorang yang terkenal karena menciptakan suatu software yang menjadikannya ia seorang bilyoner dunia. Belum lagi kisah Mark Zuckerberg, hampir sama kisahnya seperti Bill Gates, tapi Mark Zuckerberg menciptakan suatu jejaring sosial terkenal yang biasa disebut orang sunda "pesbuk" (Baca: Facebook). Karena merekalah juga yang bikin kakak saya termotivasi untuk bisa lebih sukses dari teman-teman dia yang mendahului. Menarik sih cerita perjalanan dia dalam berjuang demi jurusan yang diinginkan. Tapi ya itulah, sebenarnya kalau pun udah bener-bener niat insyaallah bisa kesampaian kok. Keep strong, keep optimis, dan jangan lupa berdoa.
Seleksi masuk perguruan tinggi. banyak orang memimpikan untuk masuk ke universitas terutama Negeri, karena lebih murah dan berkualitas, tapi yang swasta juga banyak yang berkualitas, seperti Gunadarma, Universitas Islam Indonesia, dll. tapi adakalanya banyak orng yang kurang beruntung yang dapat menikmati bangku kuliah, tapi don't worry kalo emang kamu punya kelebihan kamu bisa dapetin beasiswa sebanyak-banyaknya. dan bisa bantu kamu sampai kamu lulus kuliah kelak.
            Saya juga ada dapat nih hal-hal dalam mempersiapkan snmptn atau sbmptn, cek it dot!
  1. Makan yang cukup biar gak sakit
  2. Tidur yang cukup agar tidak mengantuk
  3. beli atau pinjam buku yang isinya soal-soal spmb, kumpulan rumus-rumus
  4. Coba kerjakan buku tadi tapi masih boleh liat rumusnya
  5. periksa jawaban anda, tulis benar dan salahnya, yang salah analisis kesalahannya.
  6. Cari jawaban yang benar, dan anda harus bener-bener sampai mengerti dari mana jawaban itu berasal
  7. Coba sekarang dalami materi lagi.
  8. Cari soal-soal yang lain, coba kerjakan tapi gak boleh liat rumus.
  9. periksa jawaban anda, kalo yang salah cari jawaban yang benar dan analisa
  10. Lakukan hal tersebut berulang-ulang
Nah itu dia sedikit tips yang juga saya dapatkan dari senior hehe.
Bagi saya, tidak hanya masalah perkuliahan yang lagi buming di awal tahun ini. Kalian pasti pada denger kabar hilangnya pesawat air asia QZ8501 bukan? Yang beritanya AirAsia QZ 8501 sendiri dinyatakan hilang sekitar pukul 07.00 WIB setelah terbang sejak pukul 05.20 WIB. Informasi dari Kementrian Perhubungan, pada pukul 06.12 WIB, pilot pesawat Kapten Irianto sempat berkomunikasi dengan Air Traffic Control (ATC) untuk merubah ketinggian pesawat dari 320 ribu kaki, naik ke 380 ribu kaki. Perubahan ketinggian ini untuk menghindari awan tebal nama lainnya awan colombus yang berada dijalur pesawat tersebut.
           Mendapat izin merubah ketinggian, pesawat masih terpantau oleh radar. Namun lima menit setelah merubah ketinggian, atau sekitar pukul 06.17 WIB pesawat mulai hilang kontak dengan ATC .
Selanjutnya, usai merubah ketinggian ke 380 ribu kaki pada pukul 06.12 WIB, AirAsia QZ 8501 perlahan mulai hilang dari pantauan radar. Sebelum hilang dari radar, radar jalur peberbangan pesawat masih sempat terdeteksi. Namun pada pukul 07.00 WIB pesawat dinyatakan hilang.
           Seperti diketahui, pesawat AirAsia jenis Airbus A320 dengan nomor penerbangan QZ 8501 yang berangkat dari Surabaya-Singapore ternyata jatuh di daerah Pangkalan Bun, deket Selat Malaka gitu kalo gak salah. Mengingat tragedi jatuhnya AirAsia QZ 8501, kebetulan padahal saya habis dari daerah Pangkalan Bun juga loh tapi hari Sabtu nya saya udah balik ke kota asal yaitu, Palangka Raya. Turut berduka cita pula buat seluruh korban AirAsia. Yang niatnya pada mau liburan eh takdir mengatakan lain. Ya mau bagaimana lagi, semua sudah ada jalannya. Semua makhluk ciptaan Tuhan memiliki waktu dan cara sendiri untuk kembali pada-Nya.
           Kita sebagai umat manusia yang telah di anugrahkan segala kelebihan dan kekurangan yang kita miliki seharusnya bisa memanfaatkan dengan baik. Kita diberi pemikiran untuk dapat selalu berpikir hal-hal yang positif untuk diri kita sendiri, orang lain, bahkan bangsa ini. Kebayang tidak, betapa mirisnya jika ada pertikaian karena perbedaan agama. Bukankah kita sendiri sebagai bangsa Indonesia juga memiliki semboyan ‘Bhineka Tunggal Ika’. Sesungguhnya jika kita hidup tanpa agama dunia ini pasti akan lebih hancur. Bukan agama nya yang salah, tapi manusia nya yang terkadang tidak bisa berpikir dalam bertindak sesuatu yang benar.
“Tidak penting apapun agamamu atau sukumu... kalau kamu bisa melakukan yang terbaik untuk semua orang, orang tidak pernah tanya apa agamu” – Gus Dur.

Ini sepatah seribu kata yang ingin saya ceritakan, sekian yaa. Wassalamualaikum cantik cantik hehe.

1 komentar: